Jumat, 11 Maret 2016

Cagar Alam Liang Balik

KEADAAN FISIK KAWASAN

Secara administrasi pemerintahan terletak pada Propinsi Sumatera Utara, Kabupaten dati II Labuan Batu, Kecamatan Aek Natas, Desa Bandar Durian , secara administrasi kehutanan terletak pada Daerah Tk. I Propinsi Sumatera Utara, Cabang Dinas Kehutanan III Labuhan Batu, Resort/ Ranting Pemangkuan hutan.
Sejarah; Latar belakang penunjukan merupakan tipe ekosistem hutan hujan tropik dataran rendah Musim kemarau pada bulan Januari s/d September, musim hujan pada bulan Oktober s/d Desember.

POTENSI BIOTIK KAWASAN
Flora; 
Sengon (Albizia procera), Beringin (Ficus sp). Pada kawasan Cagar Alam Aek Liang Balik vegetasinya sangat rapat terutama semak belukar dan tumbuhan bawah, pohon yang tinggi antara lain jenis Ficus sp, rotan dan liana menjalar menutup rapat dinding batu situs.
Fauna; 
Punai (Ducula bicolor). satwa didalam kawasan ini tidak menetap dan hanya sebagai tempat mencari makan. Perlu dilakukan penelitian terhadap kawasan ini, karena mengingat kecilnya kawasan ini, apakah masih relevan sebagai kawasan hutan.
Kawasan ini menurut laporan petugas hampir tidak pernah dimonitor, karena letaknya yang terpencil dan berada dalam kawasan masyarakat, sedangkan pos KSDA saat ini berada di Aek Raso (Holiday Resort) agak jauh dari kawasan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar