Jumat, 11 Maret 2016

Di Alam Semesta Ini, Ukuran Bumi Hanya 'Sebutir Debu'

Jika anda pikir ukuran planet bumi ini sudah sangat besar, maka sepertinya jawaban anda kurang tepat terutama jika dibandingkan dengan ukuran 'penghuni' lainnya di jagat ini.
Ukuran bumi jika diukur dari kutub ke kutub, maka akan terbentang garis sepanjang 12,742 kilometer. Nyaris sama dengan Venus sepanjang 12,104 kilometer.
Sementara Mars, berukuran lebih kecil yakni dengan bentang diameter sekitar 6,779 kilometer. Adapun Merkurius berdiameter 4,879 kilometer. Sementara matahari jauh lebih besar, jika diibaratkan ukuran matahari ini bisa sampai 109 kali lebih besar dibandingkan dengan diameter bumi.
Matahari sudah sangat besar bukan? Tapi tunggu dulu, setelah matahari, masih ada Sirius A.
Bintang super terang yang berada di rasi bintang Canis Mayor ini memiliki radius 1,1 juta kilometer !
Setelah Sirius, masih ada Pollux di rasi gemini dengan radius delapan kali lebih besar dibandingkan matahari atau sekitar 5,5 juta kilometer. Bahkan bintang ini disebut-sebut puluhan kali lebih terang dibandingkan dengan matahari.
Sudah selesai? Belum, setelah Pollux ada Arcturus yang memiliki radius 18 juta kilometer atau 26 kali lebih besar daripada matahari.
Kemudian adapula Aldebaran yang berada di rasi Taurus denagn ukuran 44,2 kali lebih besar daripada matahari atau sekitar 30,7 juta kilometer.
Setelah Aldebaran, ada Rigel yang ukurannya 78 kali lebih besar daripada matahari. Bintang di rasi Orion ini merupakan bintang paling terang ketujuh dengan ukuran radius 54,2 juta kilometer.
Adapula Antares yang berada di rasi bintang scorpio dengan ukuran 883 kali lebih besar dari matahari. Serta VV Cephei A dengan ukuran 1900 kali lebih besara dari matahari dan VY Canis Majoris yang ukurannya 2100 kali lebih besar daripada matahari.
Lantas seberapa besar ukuran planet bumi?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar